Google Website Translator

Selasa, 04 Desember 2012

Tips & Trick Mengembalikan File Yang Terhapus

Lho, kan di Windows ada Recycle Bin? Tinggal di-restore aja? Memang, tapi kapasitas Recycle Bin kan terbatas. Udah gitu saya suka iseng melakukan disk cleanup dan meng-empty recycle bin. Gimana caranya memanggil file yang terlanjur di-delete dari recycle bin?

Dulu, waktu masih jaya-jaya nya DOS, ada satu perintah kesukaan saya yaitu: UNDELETE. Dia dengan sakti bisa mengembalikan file yang sudah di-DELETE. Tapi itu kan zaman gak enak. Nggak Windows banget dong kalau masih perintah teks begitu.

Jangan khawatir. Pakai saja software mungil Data Recovery bikinan Tokiwa yang bisa mengembalikan file yang terhapus, bahkan yang sudah dihapus dari Recycle Bin sekalipun.

[Image: fmlun6.jpg]

Software ini tidak perlu di-install. Begitu dijalankan, cukup pilih drive yang akan di-scan, lalu klik Scan Files di kiri atas. Tunggu sebentar, akan segera tampil daftar file yang pernah dihapus dari Recycle Bin sekalipun. Pilih file yang dikehendaki, lalu klik Recovery. Anda akan ditanya di mana akan menyimpan file hasil recovery tersebut. Disarankan untuk memilih drive yang berbeda dari drive tempat file itu terhapus sebelumnya. Jadi, kalau file yang terhapus itu di drive D, usahakan recovery ditaruh di C untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilannya.

Sebagai bonus, bisa dipilih juga opsi Wipe. Tapi ini kebalikannya, file yang di-wipe tidak akan bisa dipanggil lagi, karena logika struktur file-nya sudah diacak.

Saya malah sempat berhasil mencoba mengembalikan data di flash disk yang terhapus tidak sengaja. Gampang dan cepat!

download di sini

0 komentar :

Posting Komentar

please like in facebook and please leave a message
Ryuk Shinigami - Death Note

coment

follow blog